Rabu, 23 Juni 2010

PERAWAT DAN FACEBOOK Maret 19, 2009

Iseng aja googling dengan keyword “perawat facebook” dan hasilnya ternyata ada sesuatu yang menarik …..

Mumpung lagi musim duren..eh demam facebook siapa tahu ada perkembangan terbaru antara facebook dan perawat. Setelah menuliskan keyword dan search …dari 10 hasil pertama yang ditampilkan, 1 sampai dengan 9 hasil dari google menyebutkan ” dua orang perawat dipecat gara-gara facebook !!”

Memang kejadiannya tidak di Indonesia, tetapi beritanya seakan “diblowup” sehingga hampir semua situs berita Indonesia mewartakan. Sebagai contoh kutipan dari www.detikinet.com berikut :

Wisconsin, AS – Memajang foto di Facebook mungkin sah-sah saja, tapi tentu lain soal jika yang dipajang adalah foto sinar X yang sifatnya pribadi milik seorang pasien.

Itulah yang dilakukan dua orang perawat di Mercy Walworth Medical Center. Kedua perawat ini kasak-kusuk memotret foto sinar X milik seorang pasien dengan sebuah ponsel, setelah menduga bahwa benda yang bersarang di rektum si pasien adalah sebuah alat bantu seksual.

Si pasien sebelumnya memang mengaku bahwa dia pergi ke rumah sakit karena ada suatu benda bersarang di rektumnya. Mungkin karena menganggap bahwa hal tersebut lucu, kedua perawat tersebut memutuskan memajang foto itu di Facebook.

Ulah kedua perawat tersebut terbongkar saat ada seorang karyawan rumah sakit yang tidak diketahui identitasnya menelepon polisi, melaporkan perbuatan kedua perawat tersebut.

Akibat perbuatannya itu, seperti dikutip detikINET dari Foxnews, Senin (2/3/2009), kedua perawat jahill tersebut pun dipecat, meskipun belum diketahui apakah foto tersebut menjadi kehebohan atau tidak di Facebook.

Kalau dilihat dari konteks memang terdapat kesalahan dimana perawat “menyebarkan” rahasia pasien meskipun hal tersebut tidak disadarinya. Alih-alih ngin membuat facebooknya menjadi menarik dan banyak menarik perhatian dengan gambar yang aneh dan dianggap lucu malah berbuntut sesuatu yang jauh diluar harapan. Mungkin perlu hati-hati kali ya dalam mengekspos informasi apapun di dunia maya ini. Memang semua yang ada di dunia maya ini punya segi positif dan negatif, termasuk facebook.

Ramadoni menulis Segi positif negatif facebook :

Positif:

1. memperluas jaringan pertemanan, dengan Facebook saya bisa mendapat teman-teman baru yang Alhamdulillah baik, namun ada juga yang sepertinya kurang bermaksud baik dan semua itu kembali ke kita bagaimana menanggapinya.
2. mempererat tali silaturahmi, dengan FAcebook saya bertemu kawan-kawan lama saya dan akhirnya komunikasi dapat berlanjut hingga sekarang, sampai-sampai bisa mengadakan reuni kecil-kecilan. =>
3. mempermudah syiar, sebagai seorang Muslim sudah kewajiban untuk saling mencerahkan dan dicerahkan satu sama lain dan dengan Facebook peran tiap-tiap muslim sebagai da’i menjadi lebih mudah.
4. cepat mendapatkan informasi terkini tentang teman kita.
5. media refreshing, gak tau kenapa saya selalu bisa menjadi lebih rilex ketika membuka Facebook, jangan-jangan ini tanda-tanda addicted yah?? hehe…=>
6. meningkatkan angka penjualan, bagi anda yang memiliki bisnis atau usaha Facebook merupakan media promosi yang gratis dan sangat efektif bagi usaha Anda.

Negatif:

1. Informasi/data pribadi Anda terancam, hati-hati dalam memasukkan data-data yang bersifat sangat pribadi karena bukan tidak mungkin akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
2. Awas kecanduan, yup saya cukup banyak mendengar orang-orang yang akhirnya malahan addicted sama Facebook dan akhirnya urusan mereka menjadi terbengkalai, intinya berusahalah proporsional dalam menggemari apapun… karena Allah tidak suka orang-orang yang berlebihan.
3. beberapa berpendapat kalau facebook berperan dalam pendanaan Israel ketika menyerang Palestina, untuk hal ini saya sarankan untuk mengkaji lebih dalam lagi dan kembalikan kepada niat Anda dalam ber-facebook, karena bila kita saksikan malahan facebook adalah media yang paling efektif dalam membangun image anti-israel.
4. Informasi menjadi semakin mudah diputar-balikan, kalau ini sebetulnya merupakan dampak negatif dari internet secara umum, dan tentu saja akhirnya masuk ke dalam dampak negatif facebook

Terlepas dari itu semua disadari atau tidak pemberitaan ini tidak lepas dari rahasia umum bahwa ada “perseteruan” diantara raksasa-raksasa dunia maya (google, yahoo, dsb) yang menurut info yang beredar “menyerang” facebook yang sedang naik daun itu. Benar atau tidak ,apakah pemberitaan ini merupakan imbas dari persainggan di dunia maya ? Kita tidak tahu …

Dan ironisnya dalam berita tersebut perawat dijadikan komoditas untuk mendongkrak nilai berita tersebut. Padahal kejadian seperti ini bisa menimpa siapa saja bukan hanya perawat. Baca juga dipecat-gara-gara-mengeluh-di-facebook yang ternyata tidak terlalu banyak diulas dibandingkan berita perawat dipecat.

Yang bisa kita ambil dari pelajaran ini adalah saat ini area privasi sesorang sudah sangat terbatas. Globalisasi tanpa disadari telah sedikit-demi sedikit ‘menggerogoti” privasi seseorang. Atas nama keterbukaan terkadang kita menganggap sepele privasi kita maupun orang lain. Dalam konteks profesi menyampaikan rahasia pasien kepada orang yang tidak berhak menerima bisa berakibat fatal bagi pasien dan perawat tentunya. Mungkin kalau privasi seseorang hanya anda bicarakan dengan teman anda saat makan siang di kantin hanya teman anda yang tahu. Tetapi kalau informasi tersebut meskipun tidak kita sengaja terekspos ke dunia maya .. apa kata dunia ..??? Kata kuncinya adalah hati-hati, jaga rahasia pasien kapanpun dimanapun.

Mungkin cerita Kang Rawins bisa dijadikan pengantar penutup posting ini

Selamat ber-facebook-ria, dan jangan tanya facebook saya karena saya belum/tidak punya pengin !!! :)

Tidak ada komentar: